Tips Agar LCD Proyektor di Kelas Awet


Jaman sekarang LCD Proyektor merupakan salah satu sarana wajib dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas. Alat tersebut merupakan salah satu alat bantu presentasi materi pembelajaran. Kalau jaman dulu ada OHP sekarang sudah digantikan perannya oleh LCD Projecktor. Dalam pemasanganpun berbeda beda, ada yang dipasang secara permanen maupun tidak permanen atau dibawa guru saat pembelajaran saja.

Bahkan pada akhir-akhir ini banyak sekolah-sekolah yang mempromosikan adanya fasilitas LCD Projector dalam kegitan pembelajaran di setiap kelas untuk menarik pendaftar peserta didik baru.

Cara menggunakan proyektor pun terbilang mudah, cukup colokkan ke sumber listrik, nyalakan, lalu hubungkan ke komputer melalui kabel display yang tersedia. Semua guru jaman now pasti sudah bisa semua..hehehe

Namun perawatan LCD Proyektor agar dapat digunakan lebih lama sering masih dilupakan oleh para rekan guru maupun peserta didik di sekolah. Kali ini admin akan berbagi Tips Agar LCD Proyektor di Kelas Awet dan tahan lama digunakan.

Menyalakan LCD Proyektor


Untuk menggunakan atau menyalakan lcd proyektor sangatlah mudah, semua rekan guru pasti bisa semua. Setelah kabel power AC dan juga kabel VGA atau kalau lcd jaman sekarang sudah pakai kabel HDMI sudah tersambung tinggal kita tekan tombol power yang terdapat di bagian atas LCD. Lalu sesuaikan gambar di layar baik ukuran serta ketajamanya. Untuk menyalakan dan melakukan pengaturan anda dapat mudah melakukan dengan bantuan remote yang tersedia.

Penggunaan LCD Proyektor


Setiap lcd proyektor secara teori pasti ada umur pemakaian, biasanya adalah umur lampu sebagai komponen utama alat ini. Umur lampu akan dicantumkan di spesifikasi yang dapat anda lihat di buku manual. Umur lampu ini adalah umur untuk menyala yang kadang sampai puluhan ribu jam saja. Jadi untuk memperpanjang umur gunakan lcd seperlunya saja. Kalau tidak terpakai matikan sesuai denga prosedur.

Bagi pengunaan lcd yang dibawa-bawa (tidak terpasang permanen) maka pastikan tidak terjadi goyangan atau benturan yang keras apalagi pada saat lcd menyala. Karena komponen lcd khususnya lampu tandi sangat sensitif dengan benturan, lampu bisa putus karena benturan.

Kipas pendingin pada LCD Proyektor

LCD proyektor yang menyala pasti sangat panas karena lampunya berkekuatan besar, untuk mendinginkan terdapat kipas angin. Pastikan dalam penggunaan lubang kipas angin tidak tertutup sesuatu(buku misalnya) bagi anda yang menggunakan lcd berpindah-pindah letaknya.

Mematikan LCD Proyektor


Untuk mematikan lcd proyektor juga harus sesuai dengan prosedur yang benar. Mematikan lcd bisa melalui tombol maupun lewat remot control. Akan ada tulisan konfirmasi untuk melanjutkan mematikan ataupun batal mematikan. Setelah memastikan mematikan lcd proyektor maka tunggu sebentar sampai kipas pendingin berhenti maka kabel power baru bisa dicabut. 

Prosedur cabut kabel power ini yang sering terlupakan dalam mematikan lcd dikelas, apalagi kalau lcd dipasang permanen di atas kelas, kabel power digantikan saklar. Karena terburu-buru kadang guru langsung mencabut kabel power sebelum kipas mati. Atau bahkan lupa mematikan sklar power sampai beberapa hari, apalagi pas hari libur lupa mematikan smapai hari masuk lagi. Hal tersebut yang membuat lcd proyektor akan cepat mati.

Perawatan LCD Proyektor


Banyak sekolah yang mampu membeli lcd proyektor untuk KBM di kelas, namun banyak juga lupa untuk melakukan perawatanya. Apalagi lcd proyektor yang terpasang permanen di atas kelas. 

Karena lcd proyektor sangat panas pada sat penggunaan maka perlu sistem pendingingan yang bagus. Untuk kelas yang terpasang AC mungkin akan lebig awet LCD Proyektornya karena selain suhu yang relatif dingin, ruang berAC juga lebih sedikit debunya. Sistem pendingin lcd proyektor masih menggunakan kipas angin, maka filter kipas angin yang terdapat di lcd proyektor yang sering cepat kotor. Filter lcd proyektor dapat anda lihat pada gambar berikut ini.

buka penutup filter

ambil filter kipas anginya seperti berikut ini

contoh filter udara yang sangat kotor
Filter ini harus dibersihkan secara berkala dan rutin agar proses pendingan dapat berjalan normal. Maksimal 1 bulan sekali harus dilakukan pembersihan filter tersebut dengan cara meniup dengan kompresor, jangan dicuci dengan air, takunya nanti belum kering sudah anda psang lagi.

Selain juga pembersihan filter kita juga harus menjaga panas pada lcd tidak terlalu panas, pastikan ada mengistirahatkan lcd pada penggunaan waktu yang lama, misal pada saat istirahat kita matikan dulu lcd sesuai dengan prosedur.

Pastikan juga lcd tidak terkena air atau cuma cipratan air dan juga pada saat dibawa berpindah-pindah pastikan tidak terjadi benturan atau gunjangan. Bisa anda gunakan tas bawaan dari toko yang telah dilengkapi busa anti goncangan.

Sekian tip dari saya, Semoga tips diatas bisa membuat lcd proyektor di sekolah anda awet dan dapat digunakan lama....amin

Apabila LCD Proyektor anda terlanjur rusak silahkan hubungi tukang servis anda ...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Agar LCD Proyektor di Kelas Awet"

Posting Komentar