Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum pada Gladi Bersih UNBK 2020


Tahun 2020 ini adalah tahun terakhir pelaksanaan Ujian Nasional (UN) baik yang berbasis kertas dan pensil (UNKP) maupun yang berbasis komputer (UNBK) tahun depan sudah tidak ada lagi UN. Hal ini merupakan salah satu kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim tentang empat program pokok kebijakan pendidikan “Merdeka Belajar”.
Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum pada Gladi Bersih UNBK 2020

Walaupun UN sudah tidak ada tahun depan, tolak ukur atau uji kemampuan bagi para siswa harus tetap ada tapi hal yang diukur akan diubah. "Asesmen kompetensi minimum adalah kompetensi yang benar-benar minimum di mana kita bisa memetakan sekolah-sekolah dan daerah-daerah berdasarkan kompetensi minimum. Apa itu materinya. Materinya yang bagian kognitifnya hanya dua. Satu adalah literasi dan yang kedua adalah numerasi," papar Nadiem di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, seperti dilansir https://news.detik.com/ Rabu(11/12/2019).

Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum Akan Keluar pada Gladi Bersih UNBK 

Gladi Bersih UNBK akan dilaksanakan pada bulan Februari dan Maret 2020 nanti, untuk melihat jadwalnya silahkan lihat pada lampiran pada akhir artikel ini. Untuk kegiatan Gladi Bersih ini wajib dilakukan oleh sekolah yang telah mendaftarkan untuk mengikuti UNBK baik secara mandiri atau menumpang.

Bagi anda yang penasaran apa itu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), nanti soal AKM akan diperkenalkan kepada siswa pada Gladi Bersih UNBK Tahun 2020 ini. Selain siswa, Guru semua mata pelajaran (tidak hanya guru mapel yang di UN kan saja) dapat mencoba mengerjakan soal AKM ini. Jadi yang masih penasaran bisa mencobanya nanti pas Gladi Bersih UNBK bulan Februari dan Maret nanti.

Perlu diingat bahwa Gladi Bersih ini Tidak untuk persiapan/latihan materi UN.Jadi Soal-soal tidak mencerminkan Kisi-kisi UN yang telah keluar beberapa waktu yang lalu serta kali ini diisi dengan contoh soal AKM yang lagi viral.

Sedangkan maksud dilaksanakan Gladi Bersih UNBK adalah sebagai berikut;

  • Aplikasi sudah dapat berjalan dengan baik.
  • Infrastruktur di pusat dan di sekolah sudah siap dan berfungsidengan baik.
  • Tim Pelaksana Pusat, Helpdesk, Proktor dan panitia sudah memahami tugas dan tanggung jawabnya.
  • Data infrastruktur (jaringan internet, server dan klien) sudah tercatat dengan benar.
  • Data Peserta (Biodata, mata ujian dan penempatan server) sudah tercatat dengan lengkap dan benar.

Selengkapnya dapat anda baca pada lampiran berikut:



Bentuk Soal AKM

Seperti apa ya bentuk soal AKM? Setelah mimin ikut mengerjakan soal AKM pada Gladi Bersih UNBK SMK ternyata seperti ini modelnya. Model soal AKM tidak lagi hanya Pilihan ganda namun ada model soal lain seperti:

  • Bener Salah
  • Pilihan ganda Kompleks
  • Isian Singkat
  • Essay
  • Multi Tab
  • Drop Down
  • Drag and Drop

Berikut kami lampirkan contoh-contohnya. anda juga dapat melihat contohnya pada link berikut ini:

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum pada Gladi Bersih UNBK 2020"