PJJ Lebih Mudah dengan Akun Pembelajaran Kemdikbud


Masa pandemi Covid-19 di dunia masih belum berakhir. Kita dituntut untuk melaksanakankehidupan dengan pola baru atau sering disebut dengan new normal.Termasuk dalam kegiatan belajar dan mengajar di sekolah, kegiatan tatap muka belum juga dapat dilaksanakan hampir setahun ini.

Kegiatan pembelajaran di kebanyakan masih dilaksanakan dengan belajar dari rumah (BDR) secara online atau dikenal juga dengan sbeutan pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

Dalam rangka menjamin kelancaran proses pembelajaran secara online, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempersembahkan Akun Pembelajaran. Tepatnya pada tanggal 11 Desember 2020 akun pembelajaran dengan domain belajar.id ini diluncurkan (https://www.kemdikbud.go.id/). Akun elektronik tersebut dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik. 

Akun pembelajaran ini diberikan kepada warga sekolah yang telah terdaftar dalam data dapodik sekolah. Untuk memperoleh akun tersebut dapat diunduh melalui aplikasi dapodik masing-masing sekolah.

Akun pembelajaran ini merupakan kerjasama dari Kemdikbud dan Google. Layanan yang digunakan yakni Google Suite for Education (GSE).GSE adalah sebuah layanan berbasis cloud untuk sekolah dan lembaga pendidikan termasuk staff, guru dan juga siswa. GSE dapat memudahkan sistem belajar mengajar menjadi lebih baik.

Hampir semua guru dan siswa di SMKN 1 Purwodadi memiliki perangkat Smartphone berbasis Android. Smartphone Android didalamnya sudah terinstal aplikasi-aplikasi dari google yang siap digunakan untuk pembelajaran online sehingga kegiatan pembelajaran online di SMKN 1 Purwodadi menggunakan Google Suite for Education (GSE).

Aplikasi tersebut antara lain Google Classroom yang digunakan untuk mengelola kelas online dan Google Meet untuk melakukan video konferensi antara guru dan siswa. Kita juga dapat membuat ujian online kepada siswa dengan aplikasi Google Form.

Selain itu kita juga mendapatkan Google Drive yang dapat digunakan untuk menyimpan data online dengan kapasitas tak terbatas. Serta masih banyak aplikasi lainnya yang mendukung pembelajaran online. 

Banyak kelebihan yang kita dapat apabila menggunakan akun pembelajaran dari Kemdikbud ini. Yang pertama adalah kemudahan dalam berkolaborasi data online. Kita dapat membuat, mengubah, berbagi data secara real time. Guru maupun siswa dapat membuka satu laman yang sama dan jika ada perubahan maka file tersimpan secara otomatis di cloud (awan).

Keuntungan kedua, akun pembelajaran ini dapat digunakan di perangkat apa saja. Anda dapat membukanya dari laptop, tablet, atau ponsel dengan tetap mudah karena layanan ini telah diatur cocok dengan semua perangkat sehingga tidak mengalami kesulitan apa pun dan pastinya dapat dibuka kapan saja dan dimana saja.

Ketiga, kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk akun pembelajaran ini sama sekali karena memang layanan ini gratis.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga melakukan kegiatan sosialisasi ataupun pelatihan kepada guru di Indonesia agar akun pembelajaran ini segera dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran di masa pandemi ini. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " PJJ Lebih Mudah dengan Akun Pembelajaran Kemdikbud"

Posting Komentar