Tutor Teman Sebaya untuk Belajar Administrasi Server TJKT


Kali ini saya akan menulis sebuah artikel tentang kegiatan yang saya lakukan di SMKN 1 Purwodadi. Artikel dengan judul "ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN BERBANTUAN TUTOR TEMAN SEBAYA" mungkin belum memenuhi kriteria penulisan artikel yang baik namun semoga bermanfaat. saya juga minta maaf apabila ada kata-kata yang saya tulis mencuplik atau mencomot dari tulisan anda. langsung baca tulisan saya berikut ini;

Perubahan kurikulum di Indonesia selalu berkembang mengikuti perubahan yang dinamis dalam dunia pendidikan, perubahan ini merupakan hal yang paling penting untuk mengukur keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan dan sudah dijalani bertahun-tahun kadang ada kendala dan kesulitan dalam menyikapi perubahan yang terjadi dari waktu kewaktu sehingga perlu kebijakan yang mengatur regulasi dan sebagai guru harus bisa menyikapi perubahan secara mendasar dan konsisten terus belajar lagi mengikuti perubahan yang terjadi.

Pendidikan yang diterapkan di SMK Negeri 1 Purwodadi mengikuti perubahan kurikulum K13 yang berganti dengan Kurikulum Merdeka. Perubahan kurikulum yang terjadi tersebut ikut menuntut pola belajar dan mengajar yang berbeda pula. Dulu pembelajaran berorentasi pada guru diubah ke sistem berorentasi pada peserta didik dan sekarang ditambah dalam pembelajaran yang menyenangkan guru dituntut selalu merubah pola mengajar yang lebih baik dan menyenangkan terhadap siswa agar tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.

Tutor Teman Sebaya untuk Belajar Administrasi Server TJKT

Pembelajaran pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan di kelas XI TJKT SMKN 1 Purwodadi dianggap mata pembelajaran yang membosankan bagi sebagian peserta didik dalam kelas, sehingga guru dalam pembelajaran harus dibantu oleh model pembelajaran dan media belajar yang sangat baik serta mudah dipahami. 

Mengajar dikelas di kelas XI TJKT SMK Negeri 1 Purwodadi sebagai guru serta manusia biasa kadang sering lepas kontrol jika peserta didik sudah dijelaskan berkali-kali tetapi belum juga bisa memahami apa yang jadi tuntutan kurikulum harus menyenangkan peserta didik dalam pembelajaran. 

Mengajar Administrasi Sistem Jaringan tentu saja banyak kendala yang harus ditempuh seorang pendidik dalam menyampaikan materi dan kadang ada anak yang menonjol dalam pemahaman, namun jumlahnya tidak banyak dalam satu kelas.  Sehingga lebih banyak peserta didik yang kurang memahami materi dibandingkan dengan peserta didik yang dapat memahami. Dengan keadaan tersebut tunjuan pembelajaran tidak dapat tercapai. Peserta didik yang kurang memahami materi yang disampaikan guru terlihat hasil tugas yang kurang memuaskan dan hasil asesmen yang kurang bagus.

Media dan metode pembelajaran yang harus dipilih harus memenuhi kreteria ketentuan dalam kurikulum merdeka mengajar yang dalam pembelajaran harus menyenangkan peserta didik dalam belajar didalam ruang kelas. Media pembelajaran sudah dapat bisa teratasi dengan fasilitas laboratorium SMKN 1 Purwodadi yang telah sesuai persyaratan laborotarium. Dalam memilih metode pembelajaran saya harus memilih metode yang terbaik dan sesuai kebutuhan. Dalam masalah ini saya memilih metode pembelajaran menggunakan Tutor Teman Sebaya yang saya anggap paling tepat untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran Administrasi Sistem Jaringan.

Tutor teman sebaya dipilih karena metode ini sangat mudah dan murah untuk diaplikasikan kedalam pembelajaran, karena metode ini memudahkan membantu teman yang merasa kesulitan dalam pembelajaran. Peserta didik yang telah memahami materi secara baik namun jumlahnya sedikit kita jadikan sebagi tutor untuk membatu teman-temanya yang belum memahami materi. Setiap peserta didik tadi membantu satu kelompok yang terdiri dari 5 sampai dengan 7 peserta didik lain dalam memahami materi pelajaran. Guru melakukan pendampingan agar peserta didik lebih fokus dan serius dalam pembelajaran dan tidak melebar ke materi lainya. 

Karena bahasa yang digunakan peserta didik lebih familier, mengena dan mudah dipahami oleh peserta didik lainya maka pembelajaran lebih menyenangkan serta materi pembelajaran lebih cepat tersampaikan ke semua peserta didik lainnya. Metode tutor teman sebaya pada pembelajaran Administrasi Sistem Jaringan ini salah satu yang terbaik yang telah saya lakukan.

Koran :

Surat Keterangan:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutor Teman Sebaya untuk Belajar Administrasi Server TJKT"

Posting Komentar