Cara Mendaftar UNBK 2017


Pada artikel sebelumnya "Catatan Tentang UNBK Tahun 2017" sudah saya informasikan bahwa pendaftaran peserta UNBK Tahun 2017 ada 2 macam yaitu:

Untuk UNBK Tahun Pelajaran 2018/2019 Tata Cara Pendaftaran Hampir Sama, silahkan hubungi Dinas Pendidikan Kabupaten untuk SMP/MTs dan Dinas Pendidikan Provinsi untuk SMA/MA dan SMK.
  1. Pendaftaran sebagai sekolah penyelenggara UNBK karena telah memiliki perangkat sesuai persyaratan.
  2. Pendaftaran sekolah yang nunut UNBK dengan fasilitas yang dipunyai sekolah penyelenggara.

Pendaftaran dilakukan melalui web https://unbk.kemdikbud.go.id, user password bisa minta ke  Dinas Pendidikan Kab/Kota masing-masing.

1. Langsung anda buka laman https://unbk.kemdikbud.go.id maka tampilan akan seperti di bawah ini:

Tampilaan Web ubk.kemdikbud.go.id
 2. Lalu masukan user dan password yang telah dimiliki serta masukan kode pengaman lalu klik Masuk seperti gambar berikut ini:

Input User dan Password UNBK
 3. Apabila sekolah anda belum mendaftar maka akan ada informasi berikut ini, KLIK OK saja.


4. Lalu Isikan data sekolah yang terdiri dari Identitas dan Infrastruktur, Koneksi Internet dan Biodata Siswa (Menunggu BIOUN Valid).

5. Isikan tab Identitas Sekolah dengan lengkap baik sekolah penyelenggara maupun sekolah menggabung termasuk jumlah peserta didik (untuk SMK terbagi menjadi Teknik, Pariwisata dan Bismen)
 6. Isikan dengan lengkap penanggungjawab, untuk sekolah nunut nama proktor dan teknisi sesuai dengan sekolah yang dinunuti.
 7. Jangan lupa klik Simpan pada setiap isian selesai.
 8. Untuk Sekolah penyelenggara fasilitas dan infrastruktur sekolah harus terisi dengan lengkap. Untuk sekolah nunut bisa dikosongi.
Fasilitas halaman 1
Fasilitas halaman 2


Fasilitas halaman 3
 9. Pengisian data Koneksi internet dan ISP untuk Sekolah Penyelenggara

10. Pengisian biodata peserta bisa dengan Upload Biodata atau Ambil dari BIOUN
untuk tombol upload biodata, biodata diambil dari file .dz yang di dapat dari http://pdun.data.kemdikbud.go.id silahkan koordinasi denga operator dapodik sekolah masing-masing



untuk tombol Ambil dari BIOUN maka data peserta akan otomatis masuk ke web apabila BIOUN di pusat sudah valid dan siap digunakan.

10. Tombol download digunakanuntuk mengambil data peserta yang ada di web UNBK bisa didownload dalam bentuk file excel.

 11. Proses ambil dari BIOUN akan menghapus data siswa sebelumnya atau menimpanya, apabila anda sudah melakukan pemilihan sesi maka sesi harus diatur ulang kembali.


12. Setelah Data Sekolah telah terisi semua langkah selanjutnya adalah mencetak Surat Kesiapan pada menu speperti gambar berikut ini. Untuk sekolah yang NUNUT surat kesiapan di cetak setelah dilakukan penggabungan yang bisa dilakukan oleh operator Dinas Pendidikan Kab./Kota.


13. Jangan lupa pada kolom kesiapan silahkan pilih Siap dengan klik di bawah kolom tersebut. dan selanjutnya klik Simpan.


14. Setelah disimpan Klik Cetak untuk mencetak surat kesiapan, jangan lupa sambungkan komputer anda dengan printer.
tombol untuk mencetak
Tombol cetak gambar untuk mencetak hasil surat kesiapan yang telah di upload


untuk mengupload asil scan surat pernyataan kesanggupan

Siap untuk cetak surat kesiapan

15. Setelah surat dicetak langkah selanjutnya adalah menandatangani serta membubuhi materai dan stempel sekolah surat tersebut pada tempat yang disediakan serta.
Untuk sekolah penyelenggara atau mandiri hanya satu tandatangan dari kepala sekolah, untuk sekolah NUNUT atau menggabung dibuthkan 2(dua) tanda tangan yaitu Kepala Sekolah itu sendiri dan sebelah kiri adalah Kepala Sekolah yang di nunuti.


semoga bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Cara Mendaftar UNBK 2017"

  1. kalau proktor itu sekolah yang di tempati UNBK atau dari kita sekolahan sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proktor dan teknisi dari Sekolah yang ditempati, karena mereka yg tahu kondisi labnya, mungkin klo pengawas ujian bisa dari sekolah menggabung

      Hapus
  2. Mau tanya pak,
    Di poin no.5 sy msh kurang jelas.,
    Jumlah siswanya, cm jumlah siswa penyelenggara atau jumlah siswa penyelenggara+sekolah nunut..?

    Terima kasih

    BalasHapus
  3. Mohon infox. Sekolah kami terlewat mengikuti simulasi 2 di karenakan : letak tempat duduknya di ruangan brp yg tdk terisi.
    Sedangkan semua data siswa lengkap.
    Mohon petunjuk ?

    BalasHapus
  4. Mohon infox. Sekolah kami terlewat mengikuti simulasi 2 di karenakan : letak tempat duduknya di ruangan brp yg tdk terisi.
    Sedangkan semua data siswa lengkap.
    Mohon petunjuk ?

    BalasHapus