9 Panduan bagi Orang Tua dalam Mendampingi Anak pada Era Digital


9 Panduan bagi Orang Tua dalam Mendampingi Anak pada Era Digital

Berikut ini 9 panduan bagi Orang Tua dalam mendampingi anak pada dunia digital. Tips ini admin ambil serta bersumber dari Buku Saku Seri Pendidikan Orang Tua : Mendidik Anak di Era Digital.
Apabila anda menginginkan materi selengaknya dapat anda lihat pada Buku Saku tersebut yang dapat anda unduh pada akhir tulisan ini. Semoga bermanfaat..serta langsung kita simak tipnya berikut ini:

1. Tambah Pengetahuan Anda !

Sulit untuk menetapkan peraturan kepada putra putri anda bila anda tidak mengerti apa itu blog atau bagaimana menggunakan twitter atau facebook bagaimana berselancar di internet. Luangkan waktu untuk belajar agar tidak gaptek. Dan juga luangkan waktu untuk melihat situs yang pernah dikunjungi putra-putri anda.

2. Mengarahkan penggunaan Perangkat Media Digital dengan Jelas.

Jika anak sudah terpapar perangkat digital, lebih baik untuk mengarahkan dengan komunikasi efektif untuk memutuskan beberapa lama dan kapan mereka menggunakanya. Sepakati Waktu penggunaan dan waktu untuk berhenti memanfaatkan perangkat/media digital khususnya di malam hari.

3. Imbangi Waktu Menggunakan Media Digital dengan Interaksi di Dunia Nyata

Ortu dapat mengimbangi paparan media digital dengan mengenalkan pengalaman dunia nyata seperti aktifitas berkesenian, kegiatan luar ruangan, olahraga, membaca interaktif, musik dan gerakan, beribadah, maupu permainan-permainan sesuai usia anak.

4. Pinjamkan Anak Perangkat Digital Sesuai Keperluan

Pinjamkan anak perangkat digital seperti HP atau Komputer agar meraka bisa belajar mengendalikan diri dan belajar menggunakannya bersama keluarga.

5. Pilihkan Program/Aplikasi Positif

Orang tua perlu mengidntifikasi program/aplikasi yang memiliki edukasi dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan anak

6. Mendampingi dan Meningkatkan Interaksi

Orang tua perlu mendampingi dan berinteraksi dengan anak selama penggunaan media Digital. Dampingi anak saat berselancar di dunia maya menggunakan satu perangkat digital pada kesempatan yang sama sebagai aktifitas keluarga

7. Gunakan Perangkat Digital Secara Bijaksana

Orang Tua perlu bijaksana mengunakan perangkat digital selama berinteraksi dengan anak. Orang Tua yang kurang bijaksana menggunakan perangkat digital menjadi lebih kasar atau mengabaikan anak. Tidak menggunakan perangkat digital sebelum tidur

8. Aktifitas Dunia Maya

Komunikasi jarak jauh, membaca berita, melihat gambar dan video, merupakan kegiatan dunia maya, saat inilah yang tepat bagi orang tua untuk mempersiapkan anak berkunjung ke dunia maya

9. Telusuri Aktivitas anak di Dunia Maya

anda dapat memonitor situs web yang pernah dikunjungi, dan pastikan anak anda tidak mengunjungi situs yang tidak sesuai usia. Saat ini telah terdapat program piranti lunak penyaring (web-filtering) yang dapat membantu orang tua dalam melakukan scan ataupun memblok alamat website yang mengandung fitur yang tidak sesuai dengan perkembangan anak.

selengkapnya dapat anda unduh pada

BUKU SAKU MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL

berikut ini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Panduan bagi Orang Tua dalam Mendampingi Anak pada Era Digital"

Posting Komentar