Mencoba Register dan Login SIM PKB 2017


Lagi ramai dengan SIM PKB dan harus segera melakukan registrasi, login dan verval, Karena akan segera digunakan pada 1 Juli 2017 nanti. Apalagi kalau akan buka info.gtk.kemdikbud.go.id akan muncul peringatan seperti berikut;

PENGUMUMAN
Diberitahukan kepada semua guru dan tenaga kependidikan, mulai tanggal 1 Juli 2017 info GTK hanya akan bisa diakses oleh guru dan tenaga kependidikan jika sudah terdaftar disalah satu kelompok kerja guru/Kepala sekolah/pengawas.
Pendaftaran kelompok kerja guru/Kepala sekolah/pengawas dilakukan melalui aplikasi SIMPKB. http://simpkb.id
Untuk Informasi pendaftaran kelompok kerja guru/kepala sekolah/pengawas, hubungi Dinas Pendidikan Setempat.
Apa sih SIM PKB itu ? setelah tanya mbah google akahirnya ketemu juga. SIM PKB adalah Sistem Informasi Manajemen yang digunakan pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan(PKB). SIM PKB merupakan alat penghasil informasi untuk mengelola data dan sebagai pusat pengaturan layanan bagi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Dan kliatanya sih berpengaruh dengan tunjangan profesi, khabar-khabarnya..

Dengan modal kartu tes pas waktu UKG Tahun 2015 dulu langsung aku buka laman dalam pengumuan tersebut http://simpkb.id. Lalu aku coba isikan Nomor Peserta UKG serta paswword yang pernah aku ubah dulu di sim.gurupembelajar.id . Dan ternyata password masih sama dengan yang dulu.
Baca Juga : Mencoba Login Guru Pembelajar
Penampakan Kartu UKG 2015

Setelah berhasil login dengan Nomor Peserta UKG 2015 lalu muncul tampilan seperti di bawah ini...
Sistem menolak Edit Data karena Anda terdeteksi telah aktif sebagai anggota komunitas MGMP SMK - Teknologi Informasi dan Komunikasi/KKPI - TKJ.
Harap hubungi Ketua komunitas untuk mengeluarkan keanggotaan Anda terlebih dahulu sebelum Edit Data Mapel.
Jadi bingung juga, kok gak bisa diapa-apain dan bisanya hanya logout saja. Tetapi nyicil ayem karena statusnya ternyata sudah terverifikasi dan sudah tergabung dengan Komunitas atau MGMP. Malah teringat dengan status teman di FB nya berikut ini:
KOMUNITAS BERBASIS MATA PELAJARAN.
Saya mengamati ada 2 jenis komunitas ini.
1. "Komunitas Bentukan". komunitas ini muncul karena "paksaan". oleh karena itu "akarnya" kurang kuat Tidak punya aktifitas bila tidak "didorong".
2. "Komunitas Kesadaran". Terbentuk dari "akar rumput". Tanpa didorong, komunitas ini akan bergerak dengan sendirinya walau tanpa ada dana sekalipun. Komunitas ini bahkan sudah ada berbadan hukum. Bergerak meningkatkan kompetensi guru dengan hampir tanpa biaya.
Kelihatanya pemerintah akan melaksankan point 1 yaitu memaksa guru untuk aktif dan bergabung dengan komunitas...hehehe semoga sukses...

Setelah konfirmasi ke ketua MGMP mauapaun ke Operator SIM PKB Provinsi akahirnya bisa melakukan verval dan aktif...nih penampakanya setelah login...
Capaian Kompetensi Tahun 2017, gara-gara dinaikkan KKM nya jadi bertambah deh merahnya :(

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mencoba Register dan Login SIM PKB 2017"