Mencoba Login Guru Pembelajar


Untuk dapat login ke Guru Pembelajar dengan alamat https://sim.gurupembelajar.id anda harus mendapatkan user dan password dari ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sesuai dengan mapel yang anda ajar di Kabupaten/Kota tempat anda mengajar. Apabila ketua MGMP anda belum bisa mengaktifkan silahkan menghubungi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota anda.

Kali ini saya akan mencoba login di akun saya yan telah diberikan oleh ketua MGMP TKJ Kabupaten Grobogan, Bapak Japari, S.Pd.
Langsung saya kunjungi https://sim.gurupembelajar.id seperti gambar berikut ini:


setelah login berhasil akhirnya saya dapat melihat beranda guru pembelajar yang ditu tertera hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) yang saya lakukan beberapa waktu lalu. inilah penampakanya:

Apabila hasil UKG anda yang berwarna merah maksimal 2, maka siap-siap untuk di panggil Diklat Instruktur Nasional (IN) Guru Pembelajar, apabila merahnya 3 s.d. 4 akan mengikuti diklat secara daring/online secara penuh, yang merahnya 5 s.d. 7 akan mengikuti diklat secara online serta tatap muka (TM) sebanyak 3 kali, yang merahnya lebih dari 7 akan mengikuti diklat tatap muka selama 6 hari atau seminggu full. (lebih jelas lihat disini)
Pertanyaannya....Berapa merah nilai UKG anda? 


Update Informasi untuk Bapak/Ibu guru yg belum memperoleh akun guru pembelajar online (GPO):

  1. Untuk bisa cetak akun, ketua komunitas (gugus, kkg, mgmp) dibuatkan akun oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  2. Ketua Komunitas (MGMP, dll), login ke sim.gurupembelajar.id
  3. Ketua MGMP mendaftarkan anggotanya
  4. Ketua MGMP mencetak akun anggota (bisa disimpan ke pdf) & mendistribusikan lewat forum mgmp dan  sebaiknya diberikan langsung
  5. Masing-masing guru melakukan login sesuai user & password yg diberikan


  • Jika semua langkah tersebut dilakukan, harusnya anda sudah bisa login.
  • Jika ada guru belum memiliki akun, tetapi sudah tercatat di sistem, kemungkinan ketua MGMP kurang lengkap memasukkan anggota
  • Jika guru yang bersangkutan, tercatat beda kompetensi(spesialisasi) tdk dpt dimasukkan ke anggota (contoh karena guru fisika SMK di Program TIK, bisa di cari di Program  Rekayasa)
  • Jika masih ada masalah hubungi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, sperti masalah berikut:
- guru yang mutasi dan masih tercatat di tempat lama
- data beda spesialisasi
- tidak memiliki mgmp


Ada sambutan dari Bapak Anis yang dapat anda lihat juga berikut ini:

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Mencoba Login Guru Pembelajar"

  1. salam pak wid. saya udah masukin no ukg peserta n tanggal lahir n udah klik recaptca nya, v kenapa pas klik button register tidak bisa masuk terus y pak wid..? saya registrasi buat bibi saya pak.terimakasih

    BalasHapus