Downlad Pedoman Kepala Sekolah Pembelajar (KSP) 2016


Berdasarkan data pokok pendidikan, pada bulan Maret 2016, jumlah kepala sekolah (TK,SD, SMP, SMA, dan SMK) adalah 265.635 orang. Uji kompetensi kepala sekolah (UKKS) yang dilaksanakan pada tahun 2015 diikuti oleh 166.334 orang (62,62%). Hasil UKKS 2015 menunjukkan rerata nasional 56,37. Skor setiap dimensi kompetensi adalah sebagai berikut: manajerial sebesar 58,05; supervisi sebesar 51,10; dan kewirausahaan sebesar 57,93. Rencana Strategis Kemdikbud 2015-2019 mengamanatkan capaian kompetensi meningkat sebagaimana tertera dalam Indikator Kinerja Program Tahun 2015-2019 Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebagaimana tabel 1 di bawah ini.

Target Rerata Kompetensi Kepala Sekolah Peserta UKKS
Seiring dengan amanat Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah, strategi yang digunakan untuk dapat mencapai target IKP 7.2.3. adalah dengan diselenggarakannya sistem penjaminan dan peningkatan mutu kepala sekolah berkelanjutan. Untuk merealisasikan amanat tersebut, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mendesain Program Kepala Sekolah Pembelajar sebagai upaya mengembangkan kompetensi kepala sekolah sesuai dengan kebutuhan peningkatan kompetensi yang bersifat individual, spesifik, dan dapat dilakukan melalui berbagai modalitas. Program ini juga mendorong kepala sekolah menjadi individu pembelajar yang berdampak positif dalam membangun sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar.

Buku Pedoman ini disusun untuk digunakan sebagai acuan kerja bagi semua instansi yang akan melaksanakan Program Kepala Sekolah Pembelajar dengan modalitas pembelajaran tatap muka, pembelajaran dalam jejaring (daring), pembelajaran kombinasi antara tatap muka dan dalam jejaring (kombinasi), dan pembelajaran mandiri.

Downlad Pedoman Kepala Sekolah Pembelajar (KSP) 2016



Juknis Program Kepala Sekolah Pembelajar dengan modalitas pembelajaran tatap muka




Juknis Program Kepala Sekolah Pembelajar dengan modalitas Daring dan Kombinasi



sumber: pembelajar.tendik.kemdikbud.go.id
Semoga bermanfaat....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Downlad Pedoman Kepala Sekolah Pembelajar (KSP) 2016"

Posting Komentar