100% UNBK Untuk SMP Se-Kabupaten Grobogan Tahun Ini !


Kegiatan kali ini adalah sosialisasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMP Negeri dan Swasta se-Kabupaten Grobogan. Kegiatan yang dihadiri seluruh Kepala SMP se-Kabupaten Grobogan ini dilaksanakan pada Rabu, 28 November 2018. Acara ini bertempat di Aula SMP Negeri 6 Purwodadi ini dimulai pukul 09:00 WIB. Sedianya kegiatan ini akan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan, Bapak Amin Hidayat namun karena berbarengan dengan kegiatan di Pendopo Kabupaten maka pembukaan di wakilkan kepada Ketua Pengawas SMP Kabupaten Grobogan.

Bersama dengan Mas Supardi (Pengelola Data Dinas Kab. Grobogan) kami berdua (saya dan Mas Bina) diberikan tugas untuk memberikan materi Ssialisasi UNBK ini kepada peserta. Sempat grogi juga berbicara di depan Kepala SMP se-Kabupaten Grobogan ini....hehehe, apalagi sudah ada info dari Pak Eko Darsono (Kasi SMP Dinas Pendidikan Kab. Grobogan) bahwa target tahun 2019 ini adalah 100% SMP di kabupaten Grobogan melaksanakan UNBK. Namun alhamdulillah acara berjalan lancar dan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Walupun target pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 100% untuk tingkat SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Grobogan merupakan keinginan Dinas Pendidikan Kabupaber Grobogan, namun dalam acara ini setelah kami pastian telah menjadi target berama seluruh SMP Negeri dan swasta di Kabupaten Grobogan.


Dengan resource sharing dengan sekolah lain yang berbeda jenjang, target pelaksanaan UNBK 100% ini menjadi lebih ringan. SMP yang belum bisa memenuhi sarana dan prasarana UNBK dapat gabung atau nunut UNBK di sekolah lain baik itu sesama jenjang SMP atau ke jenjang SMA, MA, dan SMK. Hal ini dikarenakan sudah banyak SMA, MA ataupun SMK di Kabupaten Grobogan yang telah melaksankan UNBK secara mandiri.

Selain itu bagi sekolah yang kekurangan komputer klient dapat juga meminjam dari laptop guru dan karyawan maupun laptop siswa, tentu saja dengan kesepakatan dari si pemilik. Dalam hal ini sekolah harus menyiapkan minimal 1/3 dari jumlah siswa komputer klient. Misal jumlah peserta yang ikut UN ada 90  siswa maka komputer klient yang dibutuhkan adalah 90:3=30 komputer klient serta ditambah 10% cadangan.

Resource sharing ini tidak hanya pada sarana dan prasarana saja namun juga pada sumber daya manusia (SDM) nya juga. SMP yang belum memiliki Proktor dan Teknisi yang mumpuni bisa juga meminta bantuan ke proktor dan teknisi SMA/SMK terdekat. Hal tersbut bisa dilakukan karena jadwal UN jenjang SMP berbeda dengan jadwal UN Jenjang SMA/SMK. 

100% UNBK Untuk SMP Se-Kabupaten Grobogan Tahun Ini
Peserta sepakat 100% UNBK untuk SMP di Kabupaten Grobogan.
Pendataan Calon Peserta UN juga hal yang sangat penting untuk segera dirampungkan sebelum deadline. Pengalaman tahun lalu pendataan ini sering keteteran karena petugas hanya fokus mengerjakan pada waktu mendekati deadline. Hal ini disampaikan oleh Mas Supardi selaku pengelola data Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan.

Data yang valid, lengkap, dan benar sangat diperlukan dalam pelaksanaan UN ini. Urutan pendataan calon peserta UN dimulai dari DAPODIK, Verval PD, PDUN, BioUN baru masuk ke Web UNBK. Apabila ada kesalahan data maka operator harus memperbaikinya mulai dari data DAPODIK lagi. 

Dalam sesi terakhir adalah pembagian User dan Password untuk website BioUN SMP di alamat http://biounsmp.kemdikbud.go.id/ serta Website UNBK di alamat https://unbk.kemdikbud.go.id . Apabila anda belum mendapatkan silahkan hubungi Mas Prardi. Sedangkan vervalpd serta PDUN, user dan password menggunakan user password Dapodik masing-masing.

Materi Presentasi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "100% UNBK Untuk SMP Se-Kabupaten Grobogan Tahun Ini !"

Posting Komentar