Pelatihan Proktor SMP dan MTs UNBK 2017 Kabupaten Blora



Ratusan tenaga operator sekolah di SMP dan MTs se-Kabupaten Blora diberi pengetahuan dan pelatihan dasar dalam mengoperasikan server untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pelatihan ini digelar di Ruang Pertemuan SMP Negeri 2 Blora, Selasa (7/2/2017). Pelatihan mendatangkan tenaga teknis dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.


Kasi Pembinaan SMP Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Syamsul Khomar mengatakan, semula undangan pelatihan diperuntukkan satu operator satu sekolah.

"Namun antusiasme sekolah untuk sukses dalam menggelar UNBK ini membuat mereka rata-rata mengirim lebih dari satu operator. Beberapa sekolah menyertakan 2 hingga 3 tenaga operator untuk kita berikan pelatihan dan pengetahuan dasar untuk pengoperasian server yang akan digunakan UNBK pada bulan Mei mendatang," kata Syamsul Khomar, selaku ketua panitia penyelenggara pelatihan tersebut.


Ada 3 instruktur yang didatangkan untuk memberikan pelatihan ini.

"Mereka adalah proktor utama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah yang pernah dikirim ke Jakarta. Jadi memang tenaga yang berpengalaman. Mereka dari Grobogan, Pati, dan Kudus yang menjadi tim teknis UNBK di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi," kata Syamsul Khomar.

Syamsul menambahkan, ratusan peserta tersebut antara lain datang dari 48 SMP negeri se-Blora, 32 SMP swasta se-Blora, 1 MTs negeri, dan 54 MTs swasta.

"Total ada 135 sekolah SMP, sesuai dengan jumlah sekolah yang akan ikut dalam UNBK nanti. Tujuan dari pelatihan ini sendiri untuk mempersiapkan tenaga proktor UNBK jenjang SMP/MTs yang kompeten," imbuh Syamsul.

Syamsul berharap dari pelatihan ini nantinya proktor sekolah bisa menguasai ilmu yang didapat dari pelatihan tersebut. Proktor adalah orang yang bertanggungjawab mengendalikan server untuk sebuah sekolah.

"Selain kita harap mereka kompeten juga bisa menguasai ilmu yang didapat untuk kelancaran jalannya UNBK Mei mendatang," tambahnya. (*)

sumber:
http://edukasia.wartablora.com/read/2017/02/07/181924/5/936/persiapan-unbk-smp-ratusan-operator-diberi-pelatihan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelatihan Proktor SMP dan MTs UNBK 2017 Kabupaten Blora"

Posting Komentar